Bantu Sebarkan, Kabar Gembira! BKN Akan Meranking Peserta Tidak Lulus untuk Isi Formasi Kosong

Bantu Sebarkan, Kabar Gembira! BKN Akan Meranking Peserta Tidak Lulus untuk Isi Formasi Kosong

 

 

Kepala BKN Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.Si. menegaskan tidak akan menurunkan grade tes seleksi calon pegawai negeri sipil. Namun, akan meranking peserta seleksi yang tidak lolos yang memiliki nilai tinggi.

Hal ini disampaikan Bima saat meninjau pelaksanaan tes CPNS di Balai Serba Guna (BSG) Kaliwates, Kamis 15 November 2018. Bima didampingi Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko, SH. M.Si., dan Sekda Ir.Mirfano serta Kepala BKPSDM Jember Ir. Ruslan Abdul Gani.

Bima mengakui banyak komplain terkait soal tes yang sulit hingga kelulusan di masing-masing daerah  kabupaten/kota rendah.

“Sebetulnya, kalau soalnya susah tidak juga, karena untuk kementerian – lembaga yang lulus lebih dari 20 persen,” jelasnya. Tetapi, ketika ini di terapkan pada Pemerintah Kabupaten Kota, yang lulus di bawah 20 persen.

 

Untuk formasi, kata Bima,  yang sudah lulus murni akan masuk terus. Namun, kondisi ini menyebabkan banyak jabatan, terutama guru dan tenaga kesehatan, yang kosong.

“Kita tidak akan menurunkan passing grade, karena jika menurunkan passing  grade berarti juga menurunkan kwalitas dari PNS,  jadi kita akan mencoba meranking,” jelasnya.

Banyak peserta yang tidak lulus memiliki passing grade dengan skor tinggi. “Terkadang lulus kurang satu angka. Jadi kita coba meranking untuk mengisi jabatan yang kosong sesuai kebutuhan jabatan yang kosong,” ungkapnya.

Ia menyontohkan, jika passing grademinimumnya 298, makan untuk mengisi formasi yang kosong paling tidak 260.

Apabila peserta mengikuti tiga ujian dan ada satu ujian yang tidak lulus, maka peserta itu masih mempunyai harapan. “Sejauh totalnya tinggi, karena dia berkompetisi juga,” ujarnya.

Lebih jauh Bima menjelaskan, untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai dengan formasi yang dituju oleh peserta. Misalkan guru, kompetensi bidangnya adalah tentang pendidikan, maka  instansi pembina jabatan fungsionalnya adalah Kemendikbud.

Untuk SKB selanjutnya akan dilaksanakan di ibu kota propinsi. Untuk Jawa Timur dilaksanakan di Surabaya. (mutia/izza/*f2)

 

 

0 Response to "Bantu Sebarkan, Kabar Gembira! BKN Akan Meranking Peserta Tidak Lulus untuk Isi Formasi Kosong"

Posting Komentar

close